Rabu, 24 Juli 2013

Internet MarketingI nstitute jakarta indonesia



Internet Marketing Institute of Indonesia (IMII) akan memberikan artikel-artikel Digital Marketing terbaik untuk Anda, ini adalah salah satunya, selamat membaca dan semoga bermanfaat :)

Menggunakan Analytics untuk meningkatkan Sosial ROI anda


Survey terakhir menyarankan 80% dari marketer di seluruh dunia untuk menggunakan data sosial media untuk memperbaiki marketing effort mereka. Bagaimanapun, lebih dari 40% marketer mengatakan bahwa mereka kekurangan kemampuan analytics sebagai faktor yang menghambat mereka dari pengumpulan data sosial media secara efektif.

Hal ini menunjukkan tantangan signifikan yang harus diatasi agar marketer bisa mempersonalisasi sosial communication untuk menciptakan engagement yang meaningful.

Meningkatkan kualitas engagement akan meningkatkan loyalitas sosial audience anda dan lebih efektif lagi memandu mereka menuju alur pembelian. Untuk hal itu, marketer harus menempatkan kontribusi pada hubungan sosial yang menambahkan value yang tangible dan juga menambahkan insentif pada customer experience. Tapi bagaimana anda bisa melakukan hal ini tanpa memahami audience anda sendiri?

Mari kita gunakan Facebook sebagai contohnya: Pada Q4 sendiri, marketer mengeluarkan hampir $1.6 Milyar pada iklan Facebook. Seiring brand melanjutkan penggunaan Facebook sebagai kendaraan marketing yang kuat, sangat penting untuk mengenali bahwa kekayaan jumlah data customer yang dikumpulkan pada platform-nya juga membuat Facebook menjadi database CRM yang paling padat dan reliable.

Siapakah orang-orang dibalik semua likes itu?

Sudah sangat jelas bahwa marketer bisa belajar banyak tentang sosial audience-nya sesuai dengan data yang disediakan Facebook. Contohnya, ketika anda memasangkan Login Facebook dengan marketing campaign, anda mendapatkan ijin untuk mengakses informasi di sekitar likes, interest, update status, dan juga çheck in-nya, begitu juga gaya hidup dan informasi demografinya.

Informasi ini betul-betul bermanfaat dan dapat menyediakan insight yang crucial pada bagaimana cara terbaik untuk engage dengan audience dengan konten yang relevan yang bergantung pada customer relationship. Misalnya, pengertian yang lebih dalam dari audience Facebook anda bisa membantu anda mengidentifikasi bahwa sebuah cause marketing bisa menarik tipe consumer tenrtentu, sedangkan kontes foto akan menarik tipe consumer lain yang berbeda.

Dengan menganalisa data ini dan membuatnya bekerja untuk anda, marketer bisa membentuk konten yang lebih relevan, menawarkan promosi bertarget tinggi, dan mendorong decision making untuk kedepannya, seperti membeli lebih banyak media Facebook yang sudah ditarget dan efisien.

Berikut tips praktis tentang bagaimana anda dapat mencapainya:

Menggunakan data untuk optimisasi likes yang sudah ada

Consumer  berharap timbal balik ketika mereka me-likes Facebook anda; akan tetapi, banyak marketer gagal untuk men-deliver aspek penting ini pada hubungan sosial. Padahal, Exact Target melaporkan bahwa 51% dari penggemar seuah brand jarang sekali bahkan tak pernah mengunjungi halaman Facebook setelah mereka like. Dan mendapatkan consumer di pintu depan menjadi lebih sulit, dan 71% penggemar mengatakan mereka menjadi lebih selektif tentang me-like perusahaan/brand di Facebook keseluruhan.

Marketer harus melihat sosial relationship sebagai cara kunci untuk memperdalam brand loyalty dengan menyediakan konten yang valuable dan insentif untuk berbagi tentang brand anda ke yang lain. Kunci untuk mencapai relationship yang ideal adalah dengan fokus pada relevansi. Dan cara terbaik untuk meningkatkan relevansi dari komunikasi anda adalah dengan mengetahui lebih dalam tentang penggemar anda.

Pikirkan tentang hal ini: anda sedang berkencan dan semua yang anda tau tentangnya hanyalah umur dan tempat tinggalnya? Sejauh mana anda bisa berkomunikasi dengannya? Anda dapat berbicara banyak tentang diri anda, akan tetapi bila anda tak tahu banyak tentangnya, two way engagement adalah hal yang tak mungkin terjadi. Sudah jelas bahwa semakin anda mengenal orang yang duduk di depan anda, akan lebih mudah lagi untuk engage tentang area yang menarik baginya.

Sama halnya dengan saat anda engage dengan audience facebook, anda akan meningkatkan relevansi pada komunikasi para penggemar seiring anda mengetahui lebih banyak tentangnya. Berikut adalah 3 kunci area untuk difokuskan:


Personalisasi konten untuk audiens anda: sangat mudah untuk mengatakan pada customer anda apapun tentang brand anda, tapi itu hanyalah obrolan sepihak. Mengendalikan analytics untuk menyediakan informasi tentang sosal audience anda sehingga anda dapat menyediakan konten yang relevan dan dapat engage dengan mereka. Memahami apa yang disukai penggemar anda akan memudahkan anda personalisasi content stream dan promosi kedapannya yang lebih relevan.
Identifikasikan peluang partnership dan sponsorship Anda juga dapat menggunakan analytics untuk mengidentifikasi partnership antara brand anda dengan pihak lain yang menarik bagi penggemar. Lihat filem kesukaannya atau serial televisi misalnya, hal tersebut dapat memandu target iklan untuk selanjutnya menjadi product placement.
Tahu siapa yang ada di dalam kompetisi: memperhatikan kompetitor dan bagaimana cara mereka menargetkan penggemar base dan followers. Tentu saja, jika anda seorang retailer peralatan olah raga, sangat mudah untuk mengidentifikasi jika basis penggemar anda juga mem-follow kompetitor terdekat anda. Akan tetapi kompetisi tidak harus selalu peer anda. Basis ‘consumer like’ juga termasuk kelompok brand dan kesukaan yang bervariasi, jadi itulah tugas anda sebagai marketer untuk menemukan kesamaan dan merancang strategi teredukasi sesuai dengan gambaran yang lebih besar lagi.
Kembangkan audience anda

Menguasai sosial analytics juga dapat menjadi cara efektif untuk mendorong likes baru dan menaikkan perkembangan dari sosial audience anda secara keseluruhan.

Contohnya, FB ads mengantarkan anda menuju target consumer potential yang spesifik. Sekalinya anda mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang menarik bagi audience anda , anda bisa menggunakan Facebook Ads utuk menargetkan profil customer yang sama diantara grup yang berbeda. Semakin anda tahu audience anda saat ini—dan semakin spesifik anda mampu menargetkan—semakin cost effective dan impactful Facebook Ads Anda.

Buat data berhasil pada anda

Memfokuskan effort  anda pada analytics dibalik sosial audience  akan memberdayakan anda untuk mendalami approach berbasis knowledge dalam cara anda melakukan marketing. Tidak hanya akan membuat efektif penggunaan manifestasi sosial media itu sendiri tetapi juga akan membantu membentuk strategi marketing yang lebih kohesif dan efisien.

Demikian sekilas if mengenai digital marketing, untuk info update terbaru tentang training dunia digital marketing yang berbasis world class silahkan kunjungi kami di:

Website          :www.imii.co.id

Twitter            :@imii_id

Facebook        :Internet MarketingI nstitute

Thank You,

Kind Regards

Santi

JL. Kemang Timur No. 90

Jakarta Selatan - 12730
Indonesia

----------------------------------------------

“Be the expert in digital marketing"

Our Sister Company :
-MarkFirst Training & Consulting
-Adplus
-Brightstars
-Gushad
-Elevate

Powered By : Econsultancy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar